GAGE Kaos Temanggung-an

Kemaren barusan googling tentang Parakan, asal tempat kelahiranku (ini nama kecamatan di kabupaten Temanggung, Jateng) karena lagi kangen rumah.  Kaga sengaja nemu poto-poto daerah Parakan yang keren2 di multiply-nya Subkhan Kamidi di http://bamburuncing1.multiply.com jelas dari poto-potonya bukan sembarangan orang bisa ngambil kayak gitu, keren-keren, jadi maknyuss ngeliatnya, ternyata yang moto tu lulusan ISI Djogja…Owwhh pantes!! setelah liat poto-poto itu kangen rumahnya sedikit terobati lahh..;)

Berlanjut googlingya, karena penasaran pengen tau lebih lanjut tentang yang punya multiply itu, ternyata dia punya blog juga di http://bamburuncing.wordpress.com, ternyata tonggo omah to hehehe..tak inget2 kayaknya dulu sering liat orangnya, gak nyangka aja dia orang ISI djogja (Subkhan juga yang desain logonya Sheila on Seven, bisa dicari2 di blognya).  Bangga juga punya teman orang ISI..ada juga sih temen SD yang juga pernah kuliah di ISI namanya Fandi (ataw Pendi yak?), tapi beliau sudah almarhum..beliau salah satu temen deket waktu SD dulu.

Back to Subkhan ini, ternyata (lagi) dia ini mBalik Deso untuk mBangun Deso-nya tercinta..dia bikin usaha di kampung halaman, dia bikin kaos dengan brand GAGE (websitenya : http://www.gagekreatif.com, desainnya bisa diliat di http://klikgage.wordpress.com) semoga brand ini jadi terkenal di mana-mana, kan ngangkat citra orang Parakan-Temanggung juga tuh 😉 GAGE itu artinya menurut empunya nih :

GAGE (baca ga-ge) dalam bahasa jawa khususnya masyarakat di daerah Kabupaten Temanggung Jawa Tengah berarti cepat, ayo, buruan, sebagai ungkapan bahasa sehari-hari untuk mengajak seseorang melakukan sesuatu, bersegera mungkin bertindak dan menghargai waktu.

GAGE merupakan logo / merek sebuah produk souvenir kaos khas Temanggung yang bertujuan memberi warna baru, sebagai alternative, identitas dan ikon bagi Temanggung.

Sesuai dengan Karakter masyarakat Temanggung yang kebanyakan adalah petani dan pedagang, dengan alamnya yang hijau, dihiasi dengan dua gunung Sumbing dan Sindoro, Masyarakat yang religius, mempunyai sejarah yang kental dan terkenal yaitu tempat penyepuhan senjata bamburuncing.

Karakter logo dibuat tebal, bentuknya yang dinamis dengan sisi-sisi yang penuh lekukan seperti sebuah huruf yang mengalami proses ‘tempa’ (seperti pada besi tempa) mengandung arti kekuatan dan spirit serta semangat, menyiratkan adanya usaha dan kerja keras yang harus ditempuh untuk menuju suatu keberhasilan, kesuksesan dan kejayaan, bentuk yang tebal bermakna kekuatan, kesatuan dan persatuan, disamping itu biasanya kata GAGE diucapkan dengan lantang sehingga mempunyai ‘POWER’, Jenis huruf tulisan GAGE seperti goresan kuas yang bermakna ekspresi, dan kreatifitas.

Kata GA dan GE sedikit dipisah untuk menjelaskan bahwa kata ini adalah GA-GE dan bukan dibaca ‘geg’ (gage dalam bahasa inggris) yang sudah lama / lebih dulu diperkenalkan (contoh dalam iklan nokia N-Gage).

Simbol berupa inisial G dinaungi dengan lingkaran, bermakna dinamis dan fleksibel, pemakaian tulisan GAGE dan simbol G, dalam aplikasinya bisa dibuat terpisah untuk suatu keperluan tertentu, misalnya merek ini nantinya akan dibuat maskot berupa tokoh seseorang /sesuatu yang berkesan heroik dengan simbol G ada di dada.

Untuk keperluan yang lain dimana logo GAGE (tipografi) dan simbol bergabung dalam satu logo utuh (misal untuk pembuatan stampel, label) maka desain logo disatukan dengan kotak dengan dua sudut dibuat sedikit terpotong sebagai variasi dan tidak kaku (kotak) namun tegas sehingga logo berkesan ‘compact’ dan lebih berkarakter.

Okey mas Subkhan, teruskan perjuanganmu..aku ikut mendukung, semoga terus maju dan juga mengangkat citra Parakan-Temanggung 😉

About the Author

2 thoughts on “GAGE Kaos Temanggung-an

  1. aduh makasaih banyak ya atas promosinya, jadi terharu nih hiks…., moga2 aja temanggung bisa maju seperti kota2 besar lain, penduduknya makin sejahtera, para perantau bisa saling bantu dengan warga yang ditemanggung untuk mempromosikan daerahnya,sukur2 bisnisnya, lak nggih mekaten to mas, hehehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these